Dua

“Menurutmu di mana tempat paling tenang di Dunia? Perpustakaan? Gunung? Pantai? atau Tempat Ibadah? bagiku ada satu lagi, stadion sepak bola dua jam sebelum pertandingan. saat di mana teriakan-teriakan belum terdengar, bendera-bendera besar belum dikibarkan, sebelum suar-suar dinyalahkan atau bahkan sebelum sang idola mengenakan sepatu…

Sebuah Fragmen untuk bunda

‘”Kau memang sudah bukan Jawa lagi. Dididik Belanda jadi Belanda, Belanda coklat semacam ini. Barangkali kau pun sudah masuk Kristen.” “Ah, Bunda ini. ada-ada saja. Saya tetap putra Bunda yang dulu.” “Putraku yang dulu bukan pembantah begini.” “Dulu putra Bunda belum lagi tahu buruk-baik. Yang dibantahnya sekarang hanya yang…

Bung Hatta: Kesederhanaan,Buku dan Bally

Sebelumnya ijinkan gue menuliskan fragmen dari sebuah lagu yang gue suka. Lagu yang menceritakan tentang seorang tokoh yang membuat gue jatuh cinta. Bung Hatta. …Empat belas Maret delapan puluh, air mata ibu pertiwi membasahi bumi indah ini. Pergilah sosok bijak itu, Mohammad Hatta, rindu kami kepadamu.. Kau…

Adil Sejak Dalam Pikiran.

“Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan” , – Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia. Kata-kata yang diucapkan oleh Jean kepada Minke (tokoh karangan Pram dalam tetralogi buru) ini memang begitu dalam dan sering digunakan mereka yang mengaku “terpelajar” sekarang-sekarang ini. Adil dalam…

Rusuh Tiket Timnas, calo dan sistem yang aneh.

Jujur gue takut kenapa-kenapa setelah bikin tulisan ini,tapi kalo gak ditulis ada sesuatu yang terus ngeganjel di otak. gue yakin banyak orang yang masih peduli dengan sepak bola kita dan gue yakin pihak terkait pun tidak antikritik. jadi,semoga gue gak kenapa-kenapa.. mungkin kalau pak Edy…

emang gak capek ya can?

emang gak capek ya can? pagar tribun berkarat itu menjadi saksi nyanyian semangat yang kami teriakan walau tanpa identitas kebesaran walau tanpa attribut kebanggaan walau tanpa suar dan asap tapi.. di sebidang tanah hijau itu hanya ada wajah-wajah frustasi wajah-wajah muram,berlari-lari tanpa kebanggaan.. sudah sebelas…

Atas Nama Pengamanan. #UsutTuntas

“Di Indonesia ini hanya ada 3 polisi jujur. Yaitu polisi tidur, patung polisi, dan Pak Hoegeng”. (Gus Dur) Jum’at 13 mei 2016. Gelora bung Karno Malam itu berlangit cerah seakan-akan menjawab doa dari puluhan ribu supporter ibukota yang hadir. Persija Jakarta, Tim asal ibukota kembali…

DAPET LG G3 BEAT DARI LINE GAME!!!!!!

sore hari di tanggal 16 maret 2015,hiduplah seorang pemuda  ganteng  yang sedang menjalankan ibadah (tidur) ,tiba-tiba timbul suara dari sebuah benda hitam dan berbentuk kotak yang mengeluarkan cahaya ketika disentuh. “TINGTUNG!!”  terganggulah ritual ibadah yang dilakukan seorang pemuda  ganteng  tersebut.  dengan berat hati pemuda tersebut…

ini lah saya, atau kami ?

inilah saya, atau kami ? cecunguk kecil yang mengganggu? inilah saya, atau kami ? yang selalu kau anugrahi senyum sinismu? inilah saya, atau kami ? yang telah menggoyang kepercayaan “teman akrabmu”? inilah saya, atau kami ? yang lelah dengan fotocopyan ? inilah saya , atau…

Dari Sini Gue Kembali

Gak kerasa ya udah setahun lebih gue gak nulis di blog ini,banyak sih draf yang udah gue bikin.  tapi ya cuma beberapa yang kelar dan sisanya entah stuck gitu aja. dan mau di-publish pun rasanya ada yang ngeganjel. entah emang karena waktunya yang udah gak pas…